Hujan atau Kemarau? Both!!



Musim. Suatu fenomena alam yang pasti terjadi di seluruh belahan dunia. Sebagian besar, negara-negara di dunia di memiliki 4 musim. Ada musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Lain halnya dengan Indonesia. Karena beriklim tropis, Indonesia hanya memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Saat ini, pergerakan musim sulit diprediksi. Yang awalnya terjadi secara berkala antara bulan April-Oktober atau sebaliknya, sekarang menjadi tak tentu.  Banyak orang sering mengeluhkan musim yang terjadi. Mulai dari ungkapan “Duh, tiap hari hujan teruss.. Bikin males aja...”  atau bahkan ungkapan seperti “Gilaaaa,, panas banget.. Sampai kapan sih musim panas bakalan nyiksa gue??.”  Ya, mungkin yang satu ini terlalu berlebihan. Tapi memang kenyataannya setiap orang pasti pernah mengeluhkan musim yang terjadi. Hal ini manusiawi. Namun, saya rasa apa yang kita keluhkan ini tak berarti apa-apa. Keluhan kita juga tak kan mengubah musim kemarau jadi musim hujan atau sebaliknya, bukan? Jika terjadi musim hujan atau kemarau pun, toh kita tetap harus menjalankan rutinitas setiap harinya. Dan  apabila musim dijadikan alasan sebagai suatu hambatan akan aktivitas kita, mungkin persoalannya  ada pada diri kita, bukan pada musim yang terjadi. Karena memang musim terjadi dan sudah diatur sebaik mungkin sesuai kehendak-Nya. 

Musim hujan dan kemarau memang mengalami berbagai pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia (lebay mode on).  Namun, tanpa kita sadari (atau  mungkin sudah kita sadari), setiap musim memiliki manfaat tersendiri. Bahkan bisa jadi musim yang sedang kita keluhkan itu dianggap sebagai rezeki oleh orang lain. Disaat kita mengeluhkan datangnya hujan, para petani mengucap syukur karena ladangnya bisa subur. Dikala kita menggerutu karena kepanasan,  para pengrajin ikan asin tak lagi  pontang-panting karena ikan yang dijemurnya kering. Jadi, ada baiknya kita kembali kepada hal yang mendasar, yaitu rasa syukur. Apapun musim yang terjadi, bersyukurlah, jalani rutinitas dengan senang hati. Tak perlu lagi kita keluhkan musim yang terjadi, mungkin Sang Pencipta sedang ingin membagi rezeki kepada yang murah hati. J J J


“Every season has it's benefits. Don't waste your time to complain about it, waste your time to enjoy it!”




Referensi  : Gambar diambil dari winnyradc.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar